Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Resume kelompok 3

Saya mengangkat tema perilaku produsen berdasarkan dari hasil diskusi yang di peroleh dari presentasi kelompok tiga.
Dalam presentasi kelompok tiga ini, mereka mengatakan bahwa seorang pengusaha/produsen  harus mampu melakukan 4 hal berikut :
1.       Perencanaan, mengapa perencanaan ini harus dilakukan oleh produsen ? jawabannya, setiap kita ingin melakukan sesuatu kita pasti akan memikirkan tujuan apa yang akan kita capai dan menyusun strategi untuk dapat melaksanakan tujuan tersebut. Jadi kesimpulannya perencanaan ini dibutuhkan untuk penyusunan strategi dan merencanakan tujuan.
2.       Pengorganisasian, membentuk apa-apa saja yang di perlukan untuk mencapai tujuan yang telah di rencanakan. Baik sumber daya, tenaga kerja yang melaksanakan pencapaian tujuan tersebut maupun modal yang sangat berperan dalam pencapaian tujuan itu.
3.       Pengarahan, setelah penyusunan rencana dan pembentukan tenaga kerja maupun sumber dayanya sekarang produsen harus mengarahkan dan membimbing anak buahnya agar tujuan yang telah disusun dari awal dapat terwujud dengan baik dan efisien.
4.       Pengendalian, kemampuan ini berkaitan dengan hasil pelaksanaan untuk mencapai tujuan, apakah sudah sesuai dengan rencana yang disusun atau malah sebaliknya.
Dalam kasus nyata di kalangan masyarakat, perilaku produsen itu selalu menghalalkan segala cara agar dia meraih keuntungan. Dapat di lihat misal, ada tukang gorengan yang menggunakan plastik untuk menggoreng gorengannya dia gunakan plastik itu untuk merenyahkan dan mengawetkan agar gorengannya selalu renyah dan tidak mudah lembek. Selain itu, tukang gorengan tersebut tidak perlu menggunakan banyak minyak dan perenyah makanan.
Itulah contoh betapa curangnya para produsen yang tidak bertanggung jawab, mereka tidak memikirkan dampak apa yang di timbulkan pada konsumen dari yang mereka lalukan itu yang ada di benak mereka adalah laba laba dan keuntungan besar!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: