Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Puber, Menstruasi, PMS

Kali ini kita akan membahas topik yang mengarah kepada wanita, topik yang sangat erat pada wanita itu tidak lain dari masalah PMS dan hal lain yang berkaitan dengan hal tersebut. Pada tulisan ini saya akan membahas semuanya dengan sejelas-jelasnya.
Pertama-tama saya akan menjelaskan apa yang di maksud dengan puber, kita sering sekali mendengar kata itu tapi apakah kita tau arti sebenarnya dari puber tersebut. Mari kita bahas arti dari puber itu. Puber atau pubertas adalah fase yang pasti terjadi pada setiap manusia bukan hanya pada remaja wanita saja tetapi remaja pria pun juga mengalami hal yang dinamakan dengan puber ini, hal ini menunjukkan bahwa kita telah memasuki tahap kehidupan yang dewasa.
Lalu apa sih yang menandakan puber pada remaja wanita ini ?
Hal yang menandakan bahwa remaja wanita itu telah memasuki fase puber adalah dengan mengalami mestruasi, menstruasi yaitu keluarnya darah dari vagina. Rata-rata lama menstruasi setiap bulan itu 3 sampai 8 hari, tapi biasanya hingga 1 tahun setelah menstruasi pertama waktu maupun jumlah dan lama menstruasi tersebut belum teratur. Penyebabnya adalah karena tubuh kita belum 100% menjadi dewasa sehingga kondisi menstruasi masih berfluktuasi. Biasanya juga siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari, namun durasinya bisa bervariasi (dihitung dari hari pertamanya darah haid keluar dari vagina dan berakhir pada hari terakhir sebelum siklus menstruasi berikutnya dimulai). Pada umumnya siklus normal terjadi selama 21-35 hari atau malahan bisa lebih lama.
            Naaah ini nih yang harus kita ketahui, apa sih yang dimaksud dengan PMS pada wanita ? PMS (Pramenstrual Syndrome) akan terjadi pada wanita kira-kira 2 minggu sebelum menstruasi datang, fisik dan emosi wanita akan mengalami perubahan drastis. Saat mengalami PMS tenaga wanita akan terasa seperti terkuras sehingga tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasanya, sedangkan bila wanita masih bisa menjalani kehidupan secara normal itu namanya adalah perimenstrual. PMS juga lebih sering dialami oleh orang dewasa dibandingan oleh remaja.
            Penyebab terjadinya PMS pada wanita adalah tidak seimbangnya hormon di dalam darah dan kimiawi dii dalam otak, kurangnya asupan vitamin dan mineral yang sebenarnya dapat membantu menyeimbangkan kadar kimia di dalam otak dan hormon dalam tubuh, lalu yang terakhir karena stres (kurang tidur) dan masalah emosional.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: